Cara Melakukan Pemanasan Atau Warming Up Sebelum Berolahraga

Cara Melakukan Pemanasan Atau Warming Up Sebelum Berolahraga - Hallo sahabat Trosobo.Com, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Cara Melakukan Pemanasan Atau Warming Up Sebelum Berolahraga, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Tips Fitnes, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Cara Melakukan Pemanasan Atau Warming Up Sebelum Berolahraga
link : Cara Melakukan Pemanasan Atau Warming Up Sebelum Berolahraga

Baca juga


Cara Melakukan Pemanasan Atau Warming Up Sebelum Berolahraga

Warming up atau pemanasan sangat penting dilakukan sebelum berolahraga. Hal ini bertujuan untuk mengurangi resiko cedera saat sedang berlatih atau berolahraga. Selain itu, dengan melakukan pemanasan dapat meningkatkan aliran darah ke otot yang bekerja yang mencegah kekakuan otot dan nyeri.

Berolahraga berbeda dengan aktivitas sehari-hari karena bagian tubuh yang digerakkan adalah otot dan sendi. Oleh sebab itu dengan melakukan pemanasan dapat menyiapkan otot dan sendi tubuh sebelum aktivitas olahraga yang sesungguhnya.

Cara Melakukan Pemanasan

Cara Melakukan Pemanasan

Pemanasan biasanya ditandai dengan munculnya keringat karena naiknya suhu tubuh. Detak jantung juga semakin lebih cepat sehingga pasokan oksigen ke dalam otot menjadi lebih banyak. Sehingga Anda lebih kuat, nyaman dan leluasa dalam bergerak. Berikut ini beberapa tips melakukan pemanasan yang dikutip dari duniafitnes.com.

Tetap Dinamis

Anda dapat memulai pemanasan dengan gerakan yang dinamis. Contoh gerakan dinamis diantaranya adalah gerakan menengokkan kepala keatas dan kebawah, gerakan menekuk pendek-pendek panjang-panjang pada tangan atau gerakang kombinasi ( bongkok jongkok bongkok tegak). Pemanasan bentuk ini dimaksudkan untuk melemaskan otot-otot yang kaku.

Melompatlah

Melakukan lompat tali selama 5 menit berturut-turut mulai dari tempo yang pelan hingga cepat dapat mempercepat Anda mendapatkan keringat. Selain itu, lompat tali dapat membuat suhu tubuh cepat naik, menyehatkan jantung dan membuat tubuh Anda menjadi mesin pembakar lemak yang ampuh.

Jika Anda tidak mampu melakukan selama 5 menit pertama, maka lakukanlah semampu Anda hingga tubuh berkeringat.

Berlari Kecil 

Anda dapat berlari-lari kecil kurang lebih selama 5-10 menit hingga suhu tubuh naik. Lari kecil merupakan pemanasan yang cukup efektif karena hampir semua bagian tubuh bergerak sehingga otot-otot dibadan dapat terulur.

Jangan Berlebihan

Pemanasan berbeda dengan latihan inti, oleh sebab itu jangan berlebihan. Jika Anda terlalu ngoyo maka tubuh akan cepat lelah sehingga saat melakaukan latihan inti tenaga Anda sudah terkuras habis. Lakukan pemanasan yang cepat, to the point dan yang menghemat energi.

Manfaat Pemanasan

Berikut ini beberapa manfaat pemanasan yang bisa Anda dapatkan jika dilakukan dengan baik dan benar:
  • Dapat meningkatkan pasokan oksigen dalam aliran darah
  • Dapat meningkatkan kecepatan perjalanan sinyal syaraf yang memerintah gerakan tubuh
  • Dapat meningkatkan reaksi otot dalam melakukan latihan
  • Dapat mengurangi ketegangan otot
  • Dapat meningkatkan kelenturan tubuh saat latihan
  • Dapat mengurangi risiko cedera latihan
Apapun bentuk olahraganya saat menurunkan berat badan atau mengecilkan perut sebaiknya jangan tinggalkan pemanasan. Karena pemanasan yang baik dapat memberikan hasil yang lebih maksimal pada bagian tubuh yang Anda latih.


Demikianlah Artikel Cara Melakukan Pemanasan Atau Warming Up Sebelum Berolahraga

Sekianlah artikel Cara Melakukan Pemanasan Atau Warming Up Sebelum Berolahraga kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Cara Melakukan Pemanasan Atau Warming Up Sebelum Berolahraga dengan alamat link http://www.trosobo.com/2016/03/cara-melakukan-pemanasan-atau-warming.html